A. Latar Belakang
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam ) berkaitan dengan cara mencari tahu ( inquiry ) tentang fenomena
alam secara sistematis, sehingga bukan hanya sebagai penguasaan kumpulan pengetahuan yg berupa fakta,konsep2,atau prinsip2 saja. Akan tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA termasuk biologi di sekolah diharapkan dpt menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Pendidikan biologi menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar siswa menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan biologi diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu siswa memperoleh pemahaman yg lebih mendalam tentang diri dan alam sekitarnya. Biologi sbg salah satu cabang ipa menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses sains. Ketrampilan proses ini meliputi ketrampilan: mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan secara baik dan benar dg selalu mempertimbangkan keamanan dan keselamatan kerja, mengajukan pertanyaan, menggolongkan, menafsirkan data, mengkomunikasikan hasil temuan baik secara lisan maupun tertulis, menggali dan memilah informasi faktual yg relevan untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari. Mata pelajaran biologi dikembangkan melalui kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif untuk menyelesaikan masalah yg berkaitan dengan peristiwa alam sekitar. Penyelesaian masalah yg bersifat kualitatif dan kuantitatif dilakukan dengan menggunakan pemahaman dalam bidang matematika, fisika, kimia dan pengetahuan pendukung lainnya. B. Tujuan
mata pelajaran biologi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sbb:
1. Membentuk sikap positip terhadap biologi dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa,
2. Memupuk sikap ilmiah, yaitu: jujur, obyektif, terbuka, ulet, kritis, dan dapat bekerjasama dengan orang lain,
3. Mengembangkan pengalaman untuk dapat mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, serta mengkomunikasikan hasil percobaannya secara lisan dan tertulis, 4. Mengembangkan kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip biologi,
5. Mengembangkan penguasaan konsep , prinsip dan saling keterkaitannya dengan ipa lainnya serta mengembangkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap percaya diri,
6. Menerapkan konsep dan prinsip biologi untuk menghasilkan karya teknologi sederhana berkaitan dg kebutuhan manusia,
7. Meningkatkan kesadaran dan berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan. C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran biologi di SMA/MA merupakan kelanjutan IPA di SMP/ MTS yg menekankan pada fenomena alam dan penerapannya meliputi aspek-aspek sbb:
1. Hakekat biologi, keanekaragaman hayati dan klasifikasi mahluk hidup, hubungan antar komponen ekosistem, perubahan materi dan energi, peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem,
2. Organisasi seluler , struktur jaringan, struktur dan fungsi organ tumbuhan, hewan, dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat,
3. Proses yg terjadi pada tumbuhan, metabolisme, hereditas, evolusi, bioteknologi dan implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam ) berkaitan dengan cara mencari tahu ( inquiry ) tentang fenomena
alam secara sistematis, sehingga bukan hanya sebagai penguasaan kumpulan pengetahuan yg berupa fakta,konsep2,atau prinsip2 saja. Akan tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA termasuk biologi di sekolah diharapkan dpt menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Pendidikan biologi menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar siswa menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan biologi diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu siswa memperoleh pemahaman yg lebih mendalam tentang diri dan alam sekitarnya. Biologi sbg salah satu cabang ipa menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses sains. Ketrampilan proses ini meliputi ketrampilan: mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan secara baik dan benar dg selalu mempertimbangkan keamanan dan keselamatan kerja, mengajukan pertanyaan, menggolongkan, menafsirkan data, mengkomunikasikan hasil temuan baik secara lisan maupun tertulis, menggali dan memilah informasi faktual yg relevan untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari. Mata pelajaran biologi dikembangkan melalui kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif untuk menyelesaikan masalah yg berkaitan dengan peristiwa alam sekitar. Penyelesaian masalah yg bersifat kualitatif dan kuantitatif dilakukan dengan menggunakan pemahaman dalam bidang matematika, fisika, kimia dan pengetahuan pendukung lainnya. B. Tujuan
mata pelajaran biologi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sbb:
1. Membentuk sikap positip terhadap biologi dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa,
2. Memupuk sikap ilmiah, yaitu: jujur, obyektif, terbuka, ulet, kritis, dan dapat bekerjasama dengan orang lain,
3. Mengembangkan pengalaman untuk dapat mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, serta mengkomunikasikan hasil percobaannya secara lisan dan tertulis, 4. Mengembangkan kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip biologi,
5. Mengembangkan penguasaan konsep , prinsip dan saling keterkaitannya dengan ipa lainnya serta mengembangkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap percaya diri,
6. Menerapkan konsep dan prinsip biologi untuk menghasilkan karya teknologi sederhana berkaitan dg kebutuhan manusia,
7. Meningkatkan kesadaran dan berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan. C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran biologi di SMA/MA merupakan kelanjutan IPA di SMP/ MTS yg menekankan pada fenomena alam dan penerapannya meliputi aspek-aspek sbb:
1. Hakekat biologi, keanekaragaman hayati dan klasifikasi mahluk hidup, hubungan antar komponen ekosistem, perubahan materi dan energi, peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem,
2. Organisasi seluler , struktur jaringan, struktur dan fungsi organ tumbuhan, hewan, dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat,
3. Proses yg terjadi pada tumbuhan, metabolisme, hereditas, evolusi, bioteknologi dan implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kurikulum
dengan judul Standar Isi KTSP 2006 Mapel biologi SMA/MA. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://materi-pelajaran-biologi.blogspot.com/2009/11/standar-isi-ktsp-2006-mapel-biologi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh:
Admin - Senin, 09 November 2009
Belum ada komentar untuk "Standar Isi KTSP 2006 Mapel biologi SMA/MA"
Posting Komentar