Ujian Nasional ( UN ) tahun 2011 sudah di ambang pintu. Tentu., anda yang duduk di kelas XII SMA sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi "agenda" yang sangat menentukan tersebut.
Berikut ini adalah Standar Kompetensi Lulusan ( SKL ) dan Indikator untuk mapel Biologi SMA tahun 2011.
Standar Kompetensi Lulusan 1.
Menjelaskan konsep-konsep keanekaragaman hayati, prinsip-prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alam bagi kehidupan.
Indikator :
Menjelaskan ciri-ciri virus, kingdom protista, monera dan fungi serta perananya bagi kehidupan
Indikator :
Menjelaskan ciri-ciri plantae dan animalia serta peranannya serta peranannya bagi kehidupan
Indikator :
Standar Kompetensi Lulusan 4.
Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan keseimbangan lingkungan dan pelestariannya.
Indikator :
Indikator :
Indikator :
Indikator :
Indikator :
Indikator :
Indikator :
Indikator :
Berikut ini adalah Standar Kompetensi Lulusan ( SKL ) dan Indikator untuk mapel Biologi SMA tahun 2011.
Standar Kompetensi Lulusan 1.
Menjelaskan konsep-konsep keanekaragaman hayati, prinsip-prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alam bagi kehidupan.
Indikator :
- mendiskripsikan jenis-jenis keanekaragaman hayati ( tingkat gen, sel, jenis dan ekosistem )
- Mendeskripsikan klasifikasi organisme
- mendeskripsikan peranan sumber daya alam ( hewan dan tumbuhan ) bagi kehidupan
Menjelaskan ciri-ciri virus, kingdom protista, monera dan fungi serta perananya bagi kehidupan
Indikator :
- mengidentifikasi virus atau monera
- Mendeskripsikan peran monera dan fungi bagi kehidupan
Menjelaskan ciri-ciri plantae dan animalia serta peranannya serta peranannya bagi kehidupan
Indikator :
- Mengidentifikasi daur hidup tumbuhan lumut dan tumbuhan paku
- Mendeskripsikan cara perkembangbiakan pada tumbuhan berbiji
- mendeskripsikan daur hidup invertebrata
- Mengidentifikasi ciri-ciri hewan vertebrata
Standar Kompetensi Lulusan 4.
Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan keseimbangan lingkungan dan pelestariannya.
Indikator :
- Mendiskripsikan komponen ekosistem dan perannya bagi kehidupan di sekitarnya
- Mendeskripsikan proses yang terjadi pada daur biogeokimia
- Mendeskripsikan konsep keseimbangan lingkungan dan pelestariannya.
Indikator :
- Mendiskripsikan struktur sel dan proses yang terjadi pada sel tersebut
- Mengidentifikasi organel sel tumbuhan / hewan beserta fungsinya
- Mengidentifikasi organ pada tumbuhan beserta fungsi nya
Indikator :
- Mendeskripsikan sistem gerak otot dan tulang pada manusia
- Mendeskripsikan sistem peredaran darah manusia serta gangguannya
- Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia serta gangguannya
- Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia serta gangguannya
- Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia serta gangguannya
- Mendeskripsikan sistem regulasi pada manusia dan identifikasi gangguannya
- Mendeskripsikan sistem reproduksi pada manusia dan identifikasi gangguannya
Indikator :
- Menentukan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
Indikator :
- Mendiskripsikan jenis-jenis enzim, cara kerja , dan fungsinya dalam metabolisme tubuh
- Mengidentifikasi proses respirasi sel ( proses katabolisme karbohidrat dan pembentukan energi )
- Mendeskripsikan peristiwa fotosintesis pada tumbuhan beserta tahap-tahapannya
- Mendeskripsikan proses respirasi an aerob beserta contohnya
Indikator :
- Mendiskripsikan susunan nukleotida ( DNA, RNA dan kromosom ) yang merupakan konsep dasar hereditas
- Menjabarkan tahapan sintesis protein
- Menjelaskan tahap-tahap pembelahan mitosis dan meiosis pada tumbuhan dan hewan
- mendeskripsikan hasil persilangan monohibrida dan dihibrida
- Mendeskripsikan hasil persilangan pada penyimpangan semu hukum mendel
- Menginterpretasi pola hereditas pada manusia
- Mendeskripsikan peristiwa mutasi beserta contoh-contohnya
Indikator :
- Mendiskripsikan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya
- Mengidentifikasi fakta-fakta yang mendukung teori evolusi
- Menjabarkan fenomena evolusi dan hubungannya dengan keseimbangan populasi
Indikator :
- Mengidentifikasi contoh bioteknologi konvensional dan modern
- Menjelaskan peran bioteknologi
- Menjelaskan dampak bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori SKL /
Standar Kompetensi Lulusan /
ujian nasional /
UN 2011
dengan judul Standar Kompetensi Lulusan SMA tahun 2011. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://materi-pelajaran-biologi.blogspot.com/2011/01/standar-kompetensi-lulusan-sma-tahun.html. Terima kasih!
Ditulis oleh:
Admin - Selasa, 11 Januari 2011
Belum ada komentar untuk "Standar Kompetensi Lulusan SMA tahun 2011"
Posting Komentar